kebanggaan terhadap kebudayaan nasional indonesia

http://fc02.deviantart.net/fs71/f/2010/326/6/e/indonesian_culture_by_zhim93-d33f79g.jpg
Images by : zhim93
 Republik Indonesia disingkat RI atau Indonesia adalah negara di Asia Tenggara, yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan Australia serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 13.487 pulau  oleh karena itu ia disebut juga sebagai Nusantara ("pulau luar", di samping Jawa yang dianggap pusat). Dengan populasi sebesar 222 juta jiwa pada tahun 2006, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat di dunia dan negara yang berpenduduk Muslim terbesar di dunia, meskipun secara resmi bukanlah negara Islam. Bentuk pemerintahan Indonesia adalah republik, dengan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Presiden yang dipilih langsung. Ibukota negara ialah Jakarta. Indonesia berbatasan dengan Malaysia di Pulau Kalimantan, dengan Papua Nugini di Pulau Papua dan dengan Timor Leste di Pulau Timor. Negara tetangga lainnya adalah Singapura, Filipina, Australia, dan wilayah persatuan Kepulauan Andaman dan Nikobar di India.


Indonesia juga di kenal sebagai Negara yang kaya akan kebudayaannya .di karenakan bermacam-macam tradisi yang berasal dari berbagai daerah.


Berikut dibawah ini berbagai macam kebudayaan nasional Indonesia:
1.BATIK

http://farm5.static.flickr.com/4045/4342463292_02e31f88b3_o.jpg
Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.
Batik adalah salah satu kebudayaan nasional yang sangat dibanggakan oleh indonesia,dengan seni yang terbuat dari motif-motif yang unik dan berbagai corak warna-warni, Batik termasuk jenis pakaian tradisional yang  diminati baik orang indonesia sendiri maupun negara-negara lain,
Salah satunya adalah Amerika
Pakaian tradisional asli Indonesia ini sudah memasuki pasar negara Mode itu,
dan Bahkan sampai presiden Barrack Obama juga pernah memakai batik,
seperti di gambar samping ini.
http://haloindo.com/wp-content/uploads/2011/11/0927268620X310.gif
Barrack Obama memakai batik pada saat kunjungan yang disambut oleh Pak SBY 

2. TARI-TARIAN TRADISIONAL
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgRpY4eHaY9looy2kQDWOosQ8Nxlj27tIyCSfyWudu5zFnJsGF03rUilAlPKqlCUdZpTULnLY8jh2uBvmehED-mKydacgR56JRwUaylANGgft_-9d4TN13TlwKpFF9pqMGR-Yr_RTwh1mX4/s1600/indonesian_cultures.jpg
Image by : Art Culture

Indonesia juga memiliki berbagai macam tari-tarian tradisional yang juga terkenal di wilayah Asia Tenggara maupun Eropa,
yaitu salah satunya adalah tari pendet , berasal dari pulau dewata - Bali,
Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan dalam bentuk tarian upacara. Tidak seperti halnya tarian-tarian pertunjukkan yang memerlukan pelatihan intensif, Pendet dapat ditarikan oleh semua orang, pemangkus pria dan wanita, dewasa maupun gadis.
Tarian ini diajarkan sekedar dengan mengikuti gerakan dan jarang dilakukan di banjar-banjar. Para gadis muda mengikuti gerakan dari para wanita yang lebih senior yang mengerti tanggung jawab mereka dalam memberikan contoh yang baik.
Tari putri ini memiliki pola gerak yang lebih dinamis daripada Tari Rejang yang dibawakan secara berkelompok atau berpasangan. Biasanya ditampilkan setelah Tari Rejang di halaman pura dan biasanya menghadap ke arah suci (pelinggih) dengan mengenakan pakaian upacara dan masing-masing penari membawa sangku, kendi, cawan, dan perlengkapan sesajen lainnya.
itulah salah satu dari berbagai macam tarian yang ada di indonesia,
contohnya   : Jaipong, Topeng, Reog Ponorogo,
  • Aceh: Saman, Seudati
  • Sumatera Utara: Tortor (batak Toba & Simalungun), Tari Sapu Tangan , Tari Adok , Tari Anak , Tari Pahlawan , Tari Lagu Duo , Tari Perak , Tari Payung (Pesisir Sibolga/Tapteng)
  • Riau: Persembahan, Zapin, Rentak Bulian, Serampang Dua Belas
  • Kepulauan Riau: Madah Gurindam
  • Sumatera Barat: Tari Piring, Tari Payung, Tari Indang, Tari Randai, Tari Lilin
  • Jambi: Sekapur Sirih, Selampit Delapan
  • Bengkulu: Andun, Bidadei Teminang
  • Sumatera Selatan: Bekhusek, Tanggai
  • Lampung: Bedana, Sembah, Tayuhan, Sigegh, Labu Kayu
  • Jawa: Bedaya, Kuda Lumping, Reog
  • Bali: Kecak, Barong/ Barongan, Pendet
  • Maluku: Cakalele, Orlapei, Katreji
    tarian Jaipong - Jawa Barat
  • Betawi: Yapong
  • Timor NTT: Likurai, Bidu, Tebe, Bonet, Pado'a, Rokatenda, Caci
  • Sulawesi Selatan: Tari Pakkarena, Tarian Anging Mamiri, Tari Padduppa, Tari 4 Etnis
  • Sulawesi Tengah: Dero
  • Gorontalo : Tari Saronde , Tari Elengge ,Tari Dana-Dana ,Tari Polopalo ,Tari Pore-Pore
  • Irian Jaya: Musyoh, Selamat Datang, Yosim Pancar
  • Nias: Famaena


 3.MUSIK (ANGKLUNG)

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj8vLOhWNbfB5LYFJKhwA0cJ77G-Fz6i6_W0c_eQ8I5n0_p_4MZ9K5zZFOGW1F1wN0JYVufhYDxdE4TnRTKaWwRtR3zPpYdOI-tRP3VVzBDn6H0Ao7_CiJrmTfiZOdzoPnwA23v42a1El4/s1600/FOTO+angklung.jpg 
Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa Sunda di Pulau Jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil. Angklung terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak November 2010.
Indonesia juga pernah mengikuti berbagai macam festival internasional ,salah satunya adalah Aberdeen International Youth Festival, International Folklore Festival Gannat France, International Festival of Mountain Folklore di Zakopane (meraih medali emas category pemusik, medali perak untuk penyanyi, dan penghargaan audience), dan mengadakan pentas dan workshop di ISME 2008 di Bologna, serta menjadi juara tuan rumah bagi banyak festival angklung nasional di Indonesia.




Itulah berbagai macam kebudayaan-kebudayaan yang sangat dibanggakan oleh bangsa indonesia,
dimulai dari Pakaian, Tarian , Alat Musik, dan banyak lagi dari seluruh pelosok daerah.
dan Tugas kita adalah sebagai penerus generasi muda khususnya kaum intelek harus bisa melestarikan keunikan dan keaneka ragaman yang sudah kita miliki.
 Jangan sampai jiwa nasionalisme kita terhadap budaya menjadi menurun, 
MERDEKA,
LOVE INDONESIA..

0 comments:

Post a Comment