Idealisme Keindahan Moral pada generasi muda


Andrew Jonathan - 50411797 - 1 IA 21.
hmm, pada penulisan tugas kali ini, saya akan membahas tentang idealisme keindahan moral pada generasi muda. mungkin untuk kita semua yang belum mengetahui idealisme itu apa,
Idealisme adalah suatu keyakinan atas suatu hal yang dianggap benar oleh individu yang bersangkutan dengan bersumber dari pengalaman, pendidikan, kultur budaya dan kebiasaan. Idealisme tumbuh secara perlahan dalam jiwa seseorang, dan termanifestasikan dalam bentuk perilaku, sikap, ide ataupun cara berpikir.
Pengaruh idealisme tidak hanya terbatas pada tingkat individu, tapi juga hingga ke tingkat negara. Nilai-nilai idealisme yang mempengaruhi individu contohnya adalah keyakinan mengenai pola hidup, nilai-nilai kebenaran, gaya mengasuh anak, karir dan lain sebagainya. Sedangkan idealisme pada tingkatan negara adalah seperti Ideologi Pancasila, komunisme, liberalism dan masih banyak lagi.

Mungkin kaitannya dengan keindahan moral pada generasi muda, dimana seringkali terjadi pada anak muda jaman sekarang yang lebih berpikir atau mengacu kepada hal yang realistis, daripada idealistis.
Individu yang realistis cenderung bersikap mengikuti lingkungannya dengan mengabaikan beberapa/semua nilai kebenaran yang dia yakini. Sama dengan idealisme, realisme tumbuh secara perlahan dalam jiwa dan pikiran seseorang.

Selain dari pada itu hal tersebut lah yang sangat mempengaruhi keindahan moral pada generasi kita sebagai pemuda -pemudi.
cara menghindarinya :
- Dekat dengan TUHAN YME, yaitu rajin beribadah, dan tak lupa selalu menerapkan apa yang sudah Ia ajarkan kepada kita.

- Dekat dengan Keluarga dan saudara, merekalah salah satu peran yang dapat mempengaruhi segala sifat dan perilaku kita.

- Berani mengatakan tidak untuk hal-hal yang tidak baik untuk diri kita yang menyangkut moral dan jati diri kita.

- Berwawasan luas ,artinya kita pasti akan memiliki banyak pengetahuan, dan dari situlah kita akan mengetahui mana sisi yang baik mana yang jahat sesuai dengan pertimbangan akal kita.

Jadi, pada intinya idealisme keindahan dalam bermoral itu memang penting, tapi jangan sampai kita sebagai anak muda menyalah gunakannya. maka dari itu jadilah pemuda-pemudi yang beramal akan moral yang baik , jangan lupa hindari hal-hal yang membuat diri kita sengsara untuk tetap selalu menjaga keindahannya.

0 comments:

Post a Comment