<--WEB
CONTENT--/>
A. Media
Dalam produksi media dan penerbitan, konten
informasi dan pengalama dapat memberikan nilai bagi end-user/audience
dalam konteks tertentu. Konten dapat disampaikan melalui media apapun
seperti internet, televisi, dan CD audio, serta acara live seperti
konferensi dan pertunjukan panggung. Konten (media) digunakan untuk
mengidentifikasi dan menilai berbagai format dan genre informasi yang
dikelola sebagai nilai tambah, dan media komponen berguna untuk
target audiens. Produksi media dan teknologi pengiriman berpotensi
meningkatkan nilai konten dengan format, penyaringan dan
menggabungkan sumber-sumber asli konten untuk hal yang baru dengan
konteks yang baru. Kurang penekanan pada nilai dari konten yang
disimpan, dan lebih menekankan pada repurposing cepat, pemakaian
ulang, dan pemindahan telah menyebabkan banyak penerbit dan produser
media melihat fungsi utama mereka kurang mempunyai banyak
pembuat/pencipta dan lebih sebagai transformer dari konten.
B. Standar
Standar Web merupakan suatu keharusan, standar
non-proprietary dan spesifikasi teknis lainnya yang mendefinisikan
dan menggambarkan aspek dari World Wide Web. Dalam beberapa tahun
terakhir, istilah ini telah lebih sering dikaitkan dengan
kecenderungan untuk membangun situs web, dan filosofi desain web dan
pengembangan yang meliputi metode-metode.
Standar web, dalam arti yang lebih luas,
terdiri dari:
- Recommendations published by the World Wide Web Consortium (W3C)
- Internet standard (STD) documents published by the Internet Engineering Task Force (IETF)
- Request for Comments (RFC) documents published by the Internet Engineering Task Force
- Standards published by the International Organization for Standardization (ISO)
- Standards published by Ecma International (formerly ECMA)
- The Unicode Standard and various Unicode Technical Reports (UTRs) published by the Unicode Consortium
- Name and number registries maintained by the Internet Assigned Numbers Authority (IANA).
C. Bahasa Dalam Web
http://dexter-9.blogspot.com/2010/04/bahasa-dalam-web.html
Dalam sebuah web kita memerlukan bahasa
pemrograman. Pada zaman sekarang ini sudah banyak bahasa pemrograman
yang dipakai untuk keperluan web, diantaranya seperti HTML, Joomla,
Java, C, C++, PHP, dan sebagainya.
Tetapi bahasa pemrograman PHP memiliki
kelebihan dibandingkan bahasa pemrograman lainnya, yaitu meliputi :
- Bahasa Pemrograman PHP adalah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaannya .
- Web server yang mendukung bahasa pemrograman PHP ada dimana-mana, mulai dari Apache, IIS, Lighttpd, Nginx, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
- Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis-milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
- Dalam sisi pemahaman, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
- PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah sistem.
D. Keberagaman Budaya
Kemajuan IPTEK yang begitu pesat
pada saat ini, memiliki banyak sekali pengaruh bagi kebudayaan yaitu
salah satunya Bergesernya Nilai-nilai Budaya. Secara matematis kita
tidak dapat menghitung betapa melimpahnya kekayaan budaya kita.
Dipandang dari adatnya ke-Timuran-nya maka Indonesia sangat berbeda
dengan daerah yang ada di Barat, rata – rata orang Timur sangat
menjunjung tinggi nilai – nilai budayanya sendiri sebagai aset
untuk melestarikan daerah dan budayanya secara turun – temurun.
Nilai – nilai budaya yang secara
Namun dari kemajuan teknologi pula kita dapat
menangkap peluang baru untuk melestarikan kebudayaan nasional. Dengan
cara mempopulerkan dan mengenalkan keragaman budaya nasional melalui
jejaring sosial, baik facebook, twitter maupun jejaring sosial
lainnya. Hal ini menjadi peluang yang sangat baik karena trend gaya
hidup masyarakat Indonesia terutama di kota – kota besar telah
bergeser pada generasi gadget dan internet. Pengaruh jejaring sosial
di internet pun semakin besar. Misalnya dalam memilih tempat wisata
para turis baik manca maupun domestik lebih percaya pada banyaknya
orang yang membicarakannya di twitter atau rekomendasi teman –
teman di facebook daripada brosur pariwisata. Kicauan – kicauan di
twitter pun dapat mempengaruhi jumlah pemilih dan pemilihan umum.
Sosialisasi melalui jejaring sosial atau lebih
dikenal dengan Internet Viral Marketing ini sudah banyak digunakan
oleh negara – negara maju. Misalnya saja negara Inggris, yang
mewajibkan semua anggota parlemen dan pegawai negri sipilnya untuk
ikut mensosialisasikan kebijakan – kebijakan pemerintah yang telah
dibuat. Ini merupakan salah satu pendekatan komunikasi pemerintah
dengan rakyatnya. Mengingat semakin banyaknya warga negara yang
menggunakan internet, pemerintah Inggris mengembangkan kemampuannya
menggunakan channel digital secara efektif.
E. Model Generative
http://en.wikipedia.org/wiki/Generative_model
Dalam
probabilitas dan statistik, sebuah model
yang generatif adalah
model untuk menghasilkan data yang dapat diobservasi, biasanya
diberikan beberapa parameter tersembunyi secara acak. Ini menentukan
distribusi
probabilitas gabungan lebih
dari observasi dan urutan label. Model generatif yang digunakan dalam
pembelajaran
mesin baik
untuk pemodelan data secara langsung (yaitu, pengamatan pemodelan
menarik dari fungsi
kepadatan probabilitas),
atau sebagai langkah menengah untuk membentuk fungsi
kepadatan probabilitas bersyarat.
Sebuah distribusi bersyarat dapat dibentuk dari model generatif
melalui aturan
Bayes '.
Shannon(1948)
memberikan contoh di mana tabel frekuensi pasangan kata bahasa
Inggris yang digunakan untuk menghasilkan kalimat yang diawali dengan
"mewakili dan cepat adalah baik"; yang tidak tepat Inggris
tapi yang akan semakin perkiraan sebagai meja dipindahkan dari
pasangan kata ke kata kembar tiga dll
Model
generatif berbeda dengan model
diskriminatif,
dalam model generatif adalah model probabilistik penuh dari semua
variabel, sedangkan model diskriminatif menyediakan model hanya untuk
variabel sasaran (s) tergantung pada variabel yang diamati. Jadi
model generatif dapat digunakan, misalnya, untuk mensimulasikan
(yaitu menghasilkan)
nilai setiap variabel dalam model, sedangkan model diskriminatif
memungkinkan hanya sampling variabel sasaran tergantung pada jumlah
diamati. Terlepas dari kenyataan bahwa model diskriminatif tidak
perlu model distribusi dari variabel yang diamati, mereka umumnya
tidak bisa mengungkapkan hubungan yang lebih kompleks antara variabel
yang diamati dan sasaran. Mereka tidak perlu melakukan lebih baik
daripada model generatif pada klasifikasidan
regresi
tugas.
Contoh
model generatif meliputi:
- Model Gaussian campuran dan jenis lain dari model mixture
- Model Markov Tersembunyi
- Probabilistic tata bahasa bebas konteks
- Naif Bayes
- Rata-rata penduga satu-ketergantungan
- Alokasi Dirichlet Laten
- Mesin Boltzmann Dibatasi
Jika data yang diamati benar-benar
sampel dari model generatif, kemudian pas parameter dari model
generatif untuk memaksimalkan kemungkinan data yang adalah metode
umum. Namun, karena model statistik kebanyakan hanya perkiraan untuk
benar distribusi, jika aplikasi model adalah untuk menyimpulkan
tentang subset variabel tergantung pada nilai-nilai diketahui orang
lain, maka dapat dikatakan bahwa pendekatan membuat lebih asumsi
daripada yang diperlukan untuk memecahkan masalah yang dihadapi.
Dalam kasus seperti ini, dapat lebih akurat untuk memodelkan fungsi
kerapatan bersyarat langsung menggunakan model yang
diskriminatif(lihat di atas), meskipun rincian aplikasi-spesifik pada
akhirnya akan menentukan pendekatan mana yang paling cocok dalam
kasus tertentu.
F.
Model Retorika
http://michaelerixonlimbong.blogspot.com/2013/07/model-generative-model-retorika-pada-web.html
Model
Retrorika Retorika berarti kesenian untuk berbicara baik (Kunst, gut
zu reden atau Ars bene dicendi), yang dicapai berdasarkan bakat alam
(talenta) dan keterampilan teknis (ars, techne), Dewasa ini retorika
diartikan sebagai kesenian untuk berbicara baik, yang dipergunakan
dalam proses komunikasi antarmanusia. Kesenian berbicara ini bukan
hanya berarti berbicara lancar tanpa jalan pikiran yang jelas dan
tanpa isi, melainkan suatu kemampuan untuk berbicara dan berpidato
secara singkat, jelas, padat dan mengesankan. Retorika modern
mencakup ingatan yang kuat, daya kreasi dan fantasi yang tinggi,
teknik pengungkapan yang tepat dan daya pembuktian serta penilaian
yang tepat. Retorika modern adalah gabungan yang serasi antara
pengetahuan, pikiran, kesenian dan kesanggupan berbicara. Dalam
bahasa percakapan atau bahasa populer, retorika berarti pada tempat
yang tepat, pada waktu yang tepat, atas cara yang lebih efektif,
mengucapka kata-kata yang tepat, benar dan mengesankan. Itu berarti
orang harus dapat berbicara jelas, singkat dan efektif. Jelas supaya
mudah dimengerti; singkat untuk menghemat waktu.
G. Web Annotation
http://en.wikipedia.org/wiki/Web_annotation
Sebuah
web
anotasi adalah
penjelasan
online terkait
dengan sumber daya web, biasanya halaman
web.
Dengan sistem penjelasan Web, pengguna dapat menambah, mengubah atau
menghapus informasi dari sumber daya Web tanpa memodifikasi sumber
daya itu sendiri. Penjelasan dapat dianggap sebagai lapisan di atas
sumber daya yang ada, dan ini lapisan penjelasan biasanya dilihat
oleh pengguna lain yang berbagi sistem penjelasan yang sama. Dalam
kasus tersebut, alat anotasi web adalah jenis perangkat
lunak sosial alat.
Untuk sistem anotasi teks berbasis Web, lihat teks
penjelasan.
Web
penjelasan dapat digunakan untuk tujuan berikut:
- untuk menilai sumber daya Web, seperti dengan kegunaannya, user-keramahan, kesesuaian untuk dilihat oleh anak di bawah umur.
- untuk meningkatkan atau menyesuaikan isinya dengan menambahkan / menghapus materi, sesuatu seperti wiki.
- Sebagai kolaborasi alat, misalnya untuk membahas isi dari suatu sumber daya tertentu.
- sebagai media kritik seni atau sosial, dengan memungkinkan pengguna Web untuk menafsirkan, memperkaya atau memprotes institusi atau ide-ide yang muncul di Web.
- untuk mengukur hubungan antara fragmen transien informasi.
# Tagging
Tagging adalah kata yang belum lama dilahirkan.
Dahulu sebelum ada tagging, dunia informasi yang ada di internet
berserakan dan tidak tersusun berdasarkan kategorinya.
Hal itu bagaikan, perpustakaan tanpa ada
pengurusnya atau pustakawan. Nah sekarang dengan adanya tagging, para
pengguna internet diminta saling membantu untuk menyusun informasi
berdasarkan kategori, popularitas dan kesukaannya, termasuk juga
berita-berita terkini.
Google pun diam-diam sudah memasukkan sistem
tag, semacam fitur bookmark ke dalam my Search History, hal ini
memungkinkan Anda melakukan tagging dan menaruh komentar ke setiap
situs web yang Anda kunjungi.
# Metadata
Metadata adalah informasi terstruktur yang
mendeskripsikan, menjelaskan, menemukan, atau setidaknya membuat
menjadikan suatu informasi mudah untuk ditemukan kembali, digunakan,
atau dikelola. Metadata sering disebut sebagai data tentang data atau
informasi tentang informasi. Metadata ini mengandung informasi
mengenai isi dari suatu data yang dipakai untuk keperluan manajemen
file/data itu nantinya dalam suatu basis data. Jika data tersebut
dalam bentuk teks, metadatanya biasanya berupa keterangan mengenai
nama ruas (field), panjang field, dan tipe fieldnya: integer,
character, date, dll. Untuk jenis data gambar (image), metadata
mengandung informasi mengenai siapa pemotretnya, kapan pemotretannya,
dan setting kamera pada saat dilakukan pemotretan. Satu lagi untuk
jenis data berupa kumpulan file, metadatanya adalah nama-nama file,
tipe file, dan nama pengelola (administrator) dari file-file
tersebut.
# Rich Snippet
Rich snippet adalah tampilan hasil pencarian
yang di-markup sehingga terlihat lebih menarik. Rich snippet sama
sekali tidak mempengaruhi peringkat, hanya membantu pengguna Google
untuk memilih sebuah hasil dengan informasi yang anda berikan. Rich
snippet ini membuat hasil pencarian untuk blog anda tampak berbeda
sehingga bisa menaikkan tingkat klik yang anda peroleh.
<--STRUKTUR
WEB--/>
A. Link Structure
Keuntungan struktur situs web yang dibuat
dengan baik :
- Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
- Pengguna situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
- Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
- Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs .
Struktur Situs Web :
- Struktur Linear
- Struktur Grid
- Struktur Hierarki
Struktur Linear :
- Struktur linear murni
- Struktur linear dengan halaman tambahan
- Struktur linear dengan halaman pilihan
- Struktur linear dengan halaman alternatif
Small – World Network
Small World Network adalah sebuah tipe grafik
matematikal yang dari banyaknya simpul , namun tidak berhubungan
dengan simpul yang lainnya (berbeda) , tetapi banyak nya simpul bisa
menjangkau setiap simpul kecil lainnya. Khususnya, small-world
network didefinisikan sebagai jaringan di mana L jarak antara dua
node yang dipilih secara acak (jumlah langkah yang diperlukan) tumbuh
secara proporsional dengan logaritma dari jumlah node N dalam
jaringan, yaitu:
Dalam konteks jaringan sosial, hasil dalam
fenomena small world netwok untuk orang asing (orang tak dikenal)
yang dihubungkan dengan cara berinteraksi. Banyak grafik empiris
dengan baik dimodelkan oleh jaringan-dunia kecil. Jaringan sosial,
konektivitas internet, wiki seperti Wikipedia, dan jaringan gen semua
karakteristik small world network.
B. Situs Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial
yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau
organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik
seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.
Analisis jaringan jejaring sosial memandang
hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor
individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar
aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul.
Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah
C. Blog
Blog adalah sebuah laman web yang kemasukan-kemasukannya ditulis menurut urutan kronologi dan dipaparkan dengan tertib terbalik.
Blog memberikan ulasan atau berita mengenai sesuatu tajuk, umpamanya
makanan, politik, atau berita tempatan, dengan sesetengah blog
berperanan lebih sebagai buku harian peribadi dalam talian. Blog yang
tipikal menggabungan teks, imej, dan pautan ke dalam blog, laman web,
dan media lain yang berkaitan dengan topiknya. Keupayaan para pembaca
untuk meninggalkan ulasan mereka dalam format interaktif merupakan
ciri yang utama untuk banyak blog. Kebanyakan blog umumnya adalah
blog teks, walaupun sesetengahnya bertumpu pada gambar foto (blog
foto), video (vlog), musik (blog MP3), atau audio (podcasting), dan
merupakan sebahagian rangkaian media sosial yang lebih luas.
Istilah "blog" merupakan kata lakur untuk perkataan "web"
dan "log" (Web log). "Blog" juga boleh digunakan
sebagai kata kerja yang membawa pengertian "untuk memeliharakan
atau menambahkan isi kandungan ke dalam blog."
Pada
bulan Nov 2007, Technorati, enjin carian blog, sedang menjejaki
melebihi 120 juta blog, meningkat dua kali ganda sejak awal Januari
2007.
<--ANALISIS
WEB--/>
A. PENGUKURAN WEB
Di bawah ini ada beberapa tools yang digunakan
untuk mengeukur website dari segi kecepatan akses dan performanya,
serta mengukut banyaknya pengunjung suatu website, berikut ini
penjelasan mengenai beberapa tools yang digunakan untuk mengukur
kecepatan akses website.
1.PINGDOM TOOLS
Pingdom Tools merupakan sebuah alat ukur
kecepatan website dapat di akses, nilai dari sebuah website, dan
berapa ukuran dari sebuah website tersebut.
2.GTMETRIX
GTmetrix adalah website untuk menganalisa
kecepatan web yang tersedia secara gratis, dengan menggunakan google
page speed dan Yahoo Yslow sebagai analyze engine dan untuk
menampilkan hasil serta rekomendasi yang harus dilakukan.
3.ALEXA RANK
Alexa Internet, Inc. adalah perusahaan yang
berbasis di California yang mengoperasikan situs yang menyediakan
informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya.
Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan
Bruce Gilliat. Cara kerja Alexa rank Alexa memberikan peringkat ke
sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik. Semakin rendah
alexarank dari situs berarti situs memiliki sedikit pengunjung
unik.Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke situs
Anda, Anda akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.
Crawler bertugas untuk mengindeks, membuat
rangking, menyusun dan menata halaman dalam bentuk indeks terstruktur
agar bisa dicari dalam waktu yang sangat cepat.
Obyek dari crawler adalah isi halaman, file,
folder dan direktori web, sedangkan subyek dari robots.txt adalah
mesin pencari/search engine crawler.
Crawler ini penting dipahami untuk SEO.
Crawler akan berhadapan dengan robotsg.txt yang
akan memandu mesin pencari/search engine seperti google, yahoo dan
bing untuk mengindeks sebuat blog atau website, sehingga crawler akan
tahu mana halaman, folder atau file yang boleh diindeks atau tidak,
semakin lengkap sebuah panduan dalam robots.txt akan lebih baik,
dengan demikian robot crawler akan dengan cepat mengindeks isi
website, kebanyakan halaman situs berisi link ke halaman lain.
C. SEARCH ENGINE
Mesin pencari (search engine) adalah salah satu
program komputer yang di rancang khusus untuk membantu seseorang
menemukan file-file yang disimpan dalam computer, misalnya dalam
sebuah web server umum di web (www) atau komputer sendiri. Mesin
pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan criteria
yang spesifik ( biasanya berisikan prase atau kata yang kita
inginkan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut.
Cara Kerja Search Engine
Mesin pencari web bekerja dengan cara menyimpan
informasi tertang banyak halaman web, yang diambil secara langsung
dari www. Halaman ini di ambil dengan web crawler-browsewr web yang
otomatis mengikuti setiap pranala yang di lihatnya. Isi setiap
halaman lalu dianalisis untuk menentukan cara mengindeksnya (misalnya
kata-kata di ambil dari judul, subjudul, atau field khusus yang di
sebut meta tag ).
Data tentang halaman web disimpan dalam sebuah
database indeks untuk di gunakan dalam pencarian selanjutnya.
Sebagian mesin pencari seperti Google, menyimpan seluruh atau
sebagian halaman sumber ( yang di sebut cache) maupun informasi
tentang halaman web itu sendiri. Ketika seorang pengguna menggunakan
mesin pencari dan memasukin query, biasanya dengan memasukan kata
kunci, mesin mencari akan mengindeks dan memberikan daftar halaman
web yang paling sesuai dengan kriterianya. Daftar ini biasanya di
sertai ringkasan singkat mengenai judul dokumen dan terkadang
sebagian teks dari hasil pencarian yang kita cari.
D. Web Archiving
Definisi Web Archiving
Pengarsipan web (Web Archiving) adalah proses
mengumpulkan bagian dari WWW dan memastikan koleksi tersebut
diawetkan dalam suatu arsip, misalnya situs arsip, untuk diakses
peneliti, sejarawan, dan masyarakat umum pada masa datang.
Cara Kerja Web Archiving
Yang paling umum web pengarsipan teknik
menggunakan web crawler untuk mengotomatisasi proses pengumpulan
halaman web. Web crawler biasanya mengakses halaman web dengan cara
yang sama dengan yang dilakukan user yang menggunakan web browser
untuk menemukan website yang ingin dicari.
Contoh-contoh Web Archiving
Berikut Ini adalah Beberapa Contoh Layanan yg
melayani jasa Web Archiving:
• Archive-it : Sebuah Layanan Pengarsipan Web
Berlangganan yang memperbolehkan sebuah institusi Untuk Membangun,
Me-Manage, dan Mecari Arsip web Institusi itu sendiri
• Archive.is : Sebuah Layanan Pengarsipan Web
Gratis Untuk menyimpan Halaman dan berikut juga Gambar dari sebuah
website tertentu. Dan bias menyimpan halaman dari Web 2.0.
• Iterasi : Sebuah Layanan Pengarsipan Web
yang khusus untuk agensi pemerintahan, organisasi Finansial, brand
heritage Dll.
Post a Comment