Permodelan Grafik


Dalam dunia komputer, desain pemodelan grafis merupakan suatu teknik penciptaan suatu citra objek dengan menggunakan sifat-sifat perangkat lunak grafis, yaitu memanipulasi bentuk, cahaya, warna, bayangan, dan tekstur permukaan suatu objek citra.

Desain pemodelan grafis ini dapat meliputi gambar berdimensi dua maupun berdimensi tiga. Seperti yang kita ketahui bahwa gambar berdimensi dua akan memiliki dimensi panjang dan lebar saja misalnya bangun datar persegi. Sedangkan gambar berdimensi tiga akan memiliki dimensi tambahan yaitu tinggi atau kedalaman misalnya bangun ruang kubus.


Daftar software desain grafis
Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:
Desktop publishing
§  Adobe Photoshop
§  Adobe Illustrator
§  Adobe Indesign
§  Coreldraw
§  GIMP
§  Inkscape
§  Adobe Freehand
§  Adobe image ready
§  CorelDraw
§  Adobe Page Maker
§  Paint Tool SAI
Webdesign
§  Adobe Dreamweaver
§  Microsoft Frontpage
§  Notepad
§  Adobe Photoshop
Audiovisual
§  Adobe After Effect
§  Adobe Premier
§  Final Cut
§  Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
§  Ulead Video Studio
§  Magic Movie Edit Pro
§  Power Director
Rendering 3 Dimensi
§  3D StudioMax
§  Maya
§  AutoCad
§  Google SketchUp
§  Light Wave
§  Blender
§  Softimage
Kesimpulan:
Desain pemodelan grafik adalah proses untuk menghasilkan citra suatu objek baik dalam 3D maupun 2D, dengan tujuan untuk memahami desain grafis sebagai alat penyampai pesan yang estetis, komunikasi dan efisien dalam konteks media sehingga pada kenyataannya dapat diterapkan untuk berbagai bidang diantaranya adalah seni, kewirausahaan, marketing, dan advertising.



referensi:


0 comments:

Post a Comment